Latest News

RESEP SPONGE CAKE LEZAT

Resep Kue - Resep Sponge Cake Lezat. Anda pasti sudah sangat mengenal sponge cake. Sponge cake adalah salah satu kue dasar/cake dasar untuk membuat kue tart. Tekstur dari sponge cake begitu lembut dan halus sehingga sangat cocok jika dipadukan dengan kue tart. Sponge cake menjadi pilihan banyak orang untuk menjamu tamu dalam berbagai acara. Soal rasa, sponge cake umumnya dibuat tidak terlalu manis. Hal ini bertujuan agar rasanya pas jika dipadukan dengan cream manis. 

RESEP SPONGE CAKE LEZAT

Bagaimana cara membuat sponge cake? Untuk membuat sponge cake kami sarankan untuk menggunakan telur yang belum pernah disimpan di dalam kulkas/lemari pendingin. Karena akan membuat kue mengembang secara maksimal. Sedangkan perbandingan kuning telur dan putih telur adalah 2:1. Sponge cake juga tidak membutuhkan banyak tepung. Yuk langsung saja kita simak resep sponge cake lezat berikut ini. Jangan lupa mencatat semua bahan dan caranya. Karena kami akan berbagi resep sponge cake dan panduan cara membuatnya.

Resep Sponge Cake Lezat


Bahan-Bahan :
  • 5 putih telur
  • 10 kuning telur
  • 15 gr tepung maizena
  • 75 gr tepung terigu protein rendah/sedang
  • 150 gr margarin/mentega, lelehkan 
  • 125 gram gula pasir (sebaiknya dihaluskan lebih dulu agar tekstur kue menjadi lembut dan mudah tercampur).
  • 2 sdm gr cake emulsifier (bahan yang mudah digunakan adalah TBM atau ovalet yang sering ada di pasaran).

Cara Membuat Sponge Cake :
  1. Gula pasir, telur dan emulfisier dimasukkan dalam satu wadah. Lalu dikocok sampai mengembang dan warnanya putih.
  2. Lalu masukkan tepung terigu dan maizena sedikit demi sedikit. (Maizena diayak dulu).
  3. Lalu masukkan baking powder dan diaduk sampai rata.
  4. Masukkan mentega yang sudah dicairkan. Aduk-aduk dengan cara membalik agar adonan tidak mengendap.
  5. Lalu masukkan adonan ke dalam loyang berukuran 24x24 cm. Namun sebelum itu, loyang dilapisi kertas roti yang sudah diolesi dengan margarin cair. 
  6. Panggang dalam oven selama 25 menit dengan suhu 180 derajat.
  7. Untuk mengetahui sudah matang atau belum, tusuk dengan lidi. Jika sudah tidak ada kue yang menempel berarti sudah matang.
  8. Keluarkan dari oven dan dingin.
  9. Hias dengan selera anda masing-masing.

Untuk membuat kue yang mengembang sempurna dan maksimal, sebaiknya adonan tidak terlalu lama didiamkan. Setelah selesai membuat adonan, secepat mungkin dipanggang dalam oven. Perhatikan juga suhu dalam oven. Selamat Mencoba Semoga Berhasil.


Mau resep yang lain? Resep Bakwan Jagung Renyah
Itulah resep sponge cake dari kami. Jika anda sudah mencobanya, silakan  berbagi pengalaman pada kolom komentar. Simak terus Hnazarian untuk mendapatkan aneka resep masakan sederhana dan enak.

Resep Sponge Cake